Proses Daur Air

 (sumber gambar : google.com)

     Proses daur ulang air - Air adalah sumber kehidupan di bumi. Air juga merupakan substansi terbesar penyusun organisme. Seluruh bentuk kehidupan mulai dari bakteri, tumbuhan, hewan, sampai manusia menggunakan air sebagai media untuk proses reaksi kimia dan transpor materi.
       Air mengalami proses perpindahan dari lautan ke atmosfer, daratan dan kembali lagi ke lautan. Proses tersebut menghasilkan perpindahan kondisi air ke murni dai bahan-bahan pengotornya. Perpindahan air yang berkesinambungan dan menyebabkan keseimbangan jumlah air yang terdapat di lautan, daratan, dan atmosfer disebut daur hidrologi atau daur air. 
Dalam suatu daur tidak dapat ditentukan awal dan akhir terjadinya daur tersebut, karena seluruh proses saling berhubungan. Daur air yang melibatkan proses evaporasi (penguapan), (hujan,salju) dan kondensasi (pembentukan awan).

       Proses evaporasi merupakan proses penguapan air dari daratan dan lautan menuju atmosfer. Sebagian air yang terkandung dalam atmosfer berasal dari lauta, Karena ¾ bagian bumi Tersusun oleh lautan. Air yang menguap dari perairan daratan dan lautan akan mengalami proses kondensasi membentuk gumpalan awan di atmosfer. Air yang berada di atmosfer tidak seluruhnya berasal dari proses evaporasi, sebagian kecil berasal dari proses transpirasi, yaitu penguapan air yang terkandung dalam organ tumbuhan. Air yang terkondensasi akan akan kembali turun ke tanah melalui pagi proses presipitasi atau yang dikenal dengan hujan atau salju. 

          Baca juga - Proses daur nitrogen

Share this

0 Comment to "Proses Daur Air"

Post a Comment