Tips Agar Baterai Android Tidak Boros

Mazpriandz - Sistem operasi android kini semakin populer saja, pemilik smartphone Android pun makin bertambah. Sistem operasi besutan Google ini hadir dalam berbagai jenis merk.


Salah satu kelebihan smartphone android adalah saat kita terhubung langsung dengan internet kita dapat menerima email atau memaca berita yang selalu update setiap waktu tanpa membukanya di komputer.

Kelebihan smartphone android yang selalu terhubung ke jaringan internet tersebut yang seringkali menjadi alasan kita kehabisan daya baterai pada android. Berikut ini beberapa trik untuk membuat smartphone android Anda lebih hemat baterai.

1. Mengurangi kecerahan layar

Cara menghemat baterai android yang pertama adalah dengan cara mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin. Dengan mengurangi kecerahan layar, sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai layar. Selain itu mata kita juga tidak cepat lelah untuk berlama-lama melihat layar.

Tidak ada salahnya untuk mengatur kecerahan layar ke tingkat terendah, tetapi sobat masih merasa nyaman saat melihat layar android sobat.

2. Matikan Mode Getar

Cara menghemat baterai android yang kedua adalah dengan mematikan mode getar. Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai.

Matikan saja sistem getar di android. Baik saat ada panggilan masuk, SMS, atau getaran umpan balik (haptic feedback) untuk menjaga daya baterai tetap hemat.

3. Mengatur waktu layar tidur

Layar adalah salah satu penggunaan daya terbesar di android. Untuk Itu lebih baik mengatur waktu tidur android sesingkat mungkin untuk mengurangi konsumsi daya baterai.
Misalnya, tadinya kamu atur waktu tidur kamu dua menit, bisa kamu ubah hanya menjadi 15 detik saja.

4. Matikan GPS, Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan

Jika anda tidak sedang menggunakan smartphone, ada baiknya untuk mematikan segala konektivitas seperti GPS, Wi-Fi dan Bluetooth karena hal itu akan membuat daya baterai boros. Gunakan saja seperlunya seperti GPS digunakan saat mencari lokasi.

5. Kurangi widget di homescreen

Meskipun memudahkan kita untuk melihat notifikasi aplikasi seperti BBM, facebook,  cuaca dan sebagainya tanpa membuka aplikasi tersebut. Tetapi hal ini membuat daya baterai cepat terkuras.
Kurangi widget yang tidak benar-benar anda butuhkan. Terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca.

Jika anda memiliki beberapa widget di beberapa layar home yang terus sinkronisasi dan memperbarui, seperti BBM, facebook, cuaca, dan sebagainya, maka widget tersebut akan menguras baterai android sobat.

6. Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai

Menurut pengalaman saya pribadi aplikasi penghemat baterai ini tidak berpengaruh sama sekali, aplikasi ini hanya kerjanya memantau penggunaan baterai, CPU, Ram, mengatur kecerahan ponsel dan memutus koneksi internet saat ponsel tidak digunakan.

Justru membuat daya baterai cepat terkuras dan bagi smartphone yang memiliki RAM kecil akan membuat smartphone lemot. Karena aplikasi tersebut akan terus aktif untuk memantau penggunaan baterai pada smartphone. 
     Baca juga - Aplikasi penghemat kuota android

Share this

0 Comment to "Tips Agar Baterai Android Tidak Boros "

Post a Comment