Fakta Unik Tentang Otak Manusia


Mazpriandz - Otak manusia adalah organ paling menarik dan kompleks dalam tubuh manusia. Bagaimana tidak, manusia bisa berpikir secerdas itu, akal adalah salah satu anugerah yang diberikan Tuhan untuk manusia. Otak manusia dengan kompleksitasnya bekerja bagaikan alat penyimpanan yang aman dalam menyimpan kenangan seseorang. Kepribadian dan kesadaran seseorang juga sangat dipengaruhi oleh otak manusia yang mampu memberikan semangat, gerak serta emosi.

Otak manusia sangat berperan penting mengontrol sistem saraf pusat manusia untuk melayani manusia dengan kemampuan fisik maupun kognitif. Namun ini merupakan hanya beberapa saja dari peran penting otak manusia. Hal yang menakjubkan lainnya adalah otak mempunyai banyak fakta yang belum diketahui banyak orang terkait otak yang berfungsi penuh. Apa sajakah itu? yuk mari kita simak berikut ini :

1. Otak manusia terdiri dari miliaran neuron (saraf).

2. 75 persen otak manusia terdiri dari air.

3. Ketika beraktivitas, otak akan menghasilkan kekuatan sekitar 10-23 watt.

4. Informasi di otak ditransfer sejauh 268 mil per jam. Namun, ketika Anda mabuk, kecepatannya akan melemah.

5. Berat otak manusia adalah sekitar 1,36 kg.

6. Meskipun otak hanya memiliki berat 2 persen dari tubuh, otak mengonsumsi 20-30 persen kalori di tubuh.

7. Otak manusia adalah organ tubuh yang paling banyak memiliki lemak. Sekitar 60% otak terdiri atas lemak.

8. Otak menggunakan oksigen sebanyak 20% dari total oksigen dalam tubuh.

9. Otak dapat hidup selama 4-6 menit tanpa oksigen, dan kemudian akan mulai mati. Bila tidak mendapat suplai oksigen selama lebih dari 5 menit, otak akan mengalami kerusakan permanen.

10. Pertumbuhan otak manusia akan berhenti pada usia 18 tahun.

11. Menguap merupakan cara membangunkan Anda karena dengan menguap, udara yang masuk ke dalam paru-paru menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan oksigen ke otak.

12. Stres yang berlebihan menyebabkan penuaan sel, struktur, dan fungsi pada otak.

13. Gelombang otak lebih aktif saat bermimpi daripada ketika seseorang terjaga.

14. Otak manusia mempunyai pembuluh darah sepanjang 400 mil (640 km).

15. Memory otak manusia memiliki kapasitas 30-70 triliun GB melebihi memori super komputer apapun di dunia, namun hanya 30 persen saja yang digunakan oleh manusia.

Itulah beberapa fakta unik tentang otak manusia. Dengan melihat fakta unik di atas, tidak diragukan lagi bahwa otak manusia merupakan organ tubuh yang luar biasa. Oleh karena itu, gunakanlah otak untuk berfikir positif serta membedakan yang mana yang benar dan salah.

Share this

0 Comment to "Fakta Unik Tentang Otak Manusia"

Post a Comment